Halaman Resmi Pemprov Sumut - Info COVID-19

Kembangkan UKM Sumut, Nawal Lubis Kenalkan Marketplace untuk Jualan Online

MEDAN

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) Nawal Lubis mengajak para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) untuk mengenal dan memanfaatkan marketplace, dalam memasarkan hasil UKM secara online. Serta meningkatkan kualitas serta desain produk yang lebih menarik sesuai selera pasar.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat membuka pelatihan marketplace yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Usaha Kecil Menegah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara Sumut bekerja sama ShopeePay dan ShopeeFood di UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Komplek PRSU Jalan Gatot Subroto Km 5 Medan, Selasa (25/1).

“Kemasan yang baik dan tampilan foto produk yang akan dipromosikan merupakan upaya mengantisipasi persaingan di pasar global yang semakin ketat,” ujar Nawal Lubis.

Menurut Nawal, UKM berperan untuk pemulihan ekonomi nasional, khususnya Sumut di tengah pandemi Covid-19, mengingat sebagian besar masyarakat berkegiatan melakukan usaha kecil, baik di sektor tradisional maupun modern. Karenanya sangat diperlukan program pendidikan, pelatihan, pendampingan dan fasilitasi usaha bagi peningkatan akses pasar.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, katanya, penggunaan marketplace untuk memasarkan hasil-hasil UKM merupakan salah satu solusi meningkatkan penjualan. Karena di tengah pandemi Covid-19 adanya keterbatasan untuk bertemu dengan pelanggan secara fisik. “Marketplace merupakan salah satu solusi mengalihkan bisnis dari offline ke online, untuk meningkatkan transaksi penjualan,” katanya.

Selain itu, Nawal juga mengajak para pelaku UKM mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Nasional melalui kampanye “Bangga Buatan Indonesia”. Kampanye ini perlu terus digalakan untuk menciptakan kesadaran, kecintaan dan kebanggaan menggunakan produk-produk Indonesia, khususnya Sumut.

Nawal mengucapkan apresiasi kepada DPW UKM dan IKM Nusantara yang telah memiliki perhatiannya terhadap usaha kecil, dan berharap kepada peserta pelatihan mengikuti pelatihan ini dengan baik. “Bapak/Ibu tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes), teruslah berlatih dan mengembangkan diri untuk kemajuan UKM agar UKM Sumut banyak yang naik kelas,” ujarnya.

Sementara Ketua DPW UKM Nusantara Sumut Binsar M Simatupang mengatakan pelatihan ini melibatkan 100 pelaku UKM binaan DPW UKM dan IKM Nusantara yang ada di Kota Medan. “Di sini pelaku UKM akan dilatih bagaimana produk UKM itu masuk ke marketplace, di sini ada program ShopeePay yang berbicara bagaimana pembayaran transaksi online, sedangkan ShopeeFood layanan pesan antar makanan,” katanya.

Binsar berharap UKM yang belum bergabung dengan IKM Nusantara untuk segera bergabung. “IKM Nusantara terbuka dan siap mendukung pengembangan UKM di Sumut,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman mengatakan siap mendukung dan memfasilitasi asosiasi UKM, salah satunya memperkenalkan marketplace kepada UKM. “Dinas Koperasi mendorong UKM kita untuk bermain di pasar digital, apalagi di tengah pandemi Covid -19 ini agar produk UKM yang dihasilkan tersampaikan kepada pelanggan,” jelasnya.**(H20/DISKOMINFO SUMUT)

Share

© 2020 - Media Center Covid-19 Provinsi Sumatera Utara | Developed By Diskominfo Provsu