Halaman Resmi Pemprov Sumut - Info COVID-19

Pentingnya Pendeteksian Dinidalam Upaya Pencegahan Covid-19

MEDAN

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan pentingnya dilakukan pendeteksian dini pada warga yang terinfeksi Covid-19. Hal ini dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Sumut.

“Pendeteksian merupakan salah satu hal penting dalam penanggulangan wabah Covid-19. Penderita Covid-19 yang ada ditengah-tengah masyarakat harus segera terdeteksi dan diagnosis walaupun penderita tersebut tanpa gejala atau tanpa keluhan,” ujar Whiko Irwan saat melakukan video conference keterangan pers di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (17/6).

Untuk itu, Whiko berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pendeteksian tersebut, termasuk berinisiatif memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala Covid-19, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas dan nyeri dada serta memiliki riwayat kontak dengan penderita Covid-19.

Whiko juga kembali mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Hal itu disampaikan mengingat angka penderita Covid-19 di Sumut terus meningkat.

“Dari data sebaran Covid-19 hari ini, sebuah realita bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tangah masyarakat kita. Untuk itu protokol kesehatan pun wajib dilaksanakan oleh segenap masyarakat Sumatera Utara, baik dunia usaha dan instansi, baik pemerintah maupun swasta di Sumatera Utara,” ujarnya.

Update data sebaran terakhir yang berhasil direkap GTPP Covid-19 Sumut adalah pasien positif bertambah sebanyak 13 orang sehingga total positif metode PCR berjumlah 970 orang, kemudian jumlah pasien positif yang sembuh meningkat sebanyak 5 orang menjadi 226 orang dan pasien meninggal berjumlah 67 orang. 

Share

© 2020 - Media Center Covid-19 Provinsi Sumatera Utara | Developed By Diskominfo Provsu