Halaman Resmi Pemprov Sumut - Info COVID-19

Mematuhi Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Menggunakan Sepeda

Selamat siang izin melaporkan giat Minggu, 26 Juli 2020 pada pukul 06:30 wib.

A.KEGIATAN
Telah dilaksanakan Penertiban kepada warga  yang sedang beraktivitas/berolahraga dengan menggunakan Sepeda, yang bertujuan agar kepatuhan masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan penanganan Covid-19 semakin meningkat. 

B. LOKUS/SASARN
1. Jl. Gatot Subroto
2. Jl. Iman Bonjol
3. Jl. Diponegoro
4. Lapangan Merdeka

C. PETUGAS PENINDAK DI LAPANGAN
- SATPOL PP PROVSU
- DINAS KOMINFO PROVSU
- DINAS PERHUBUNGAN PROVSU
- LALULINTAS POLRESTABES MEDAN

D. TEMUAN DILAPANGAN

1. Warga yang sedang beraktivitas olahraga di seputaran Lapangan Merdeka sudah mulai berkurang tidak sepadat minggu sebelumnya. 
2. Para persepeda 85 % sudah menggunakan masker pada saat berolahraga.

3. Para persepeda masih melakukan Pysical distancing terkhusus ketika sedang beristirahat seusai naik sepeda dan duduk berkerumun di trotoar sepanjang lapangan merdeka.

4. Warga yang berolahraga masih banyak yang membawa anak kecil (balita) tanpa menggunakan masker dan melakukan kerumunan di seputaran lapangan merdeka. 

5.Kerumunan di dalam lapangan Merdeka sudah mulai berkurang. 

6. Arogansi persepeda masih di temukan dimana pada saat di tegur petugas ketika tidak menggunakan             masker. 

E. PERMASALAHAN DI LAPANGAN
   - rasa kekawatiran masyarakat terhadap penularan Virus Covid-19 sangat minim.
   - Anak anak yang di bawa berolahraga oleh orang tuanya tidak dipasangkan masker saat berada di rempat         keramaian dengan alasan sesak ketika pakai masker
   - para LANSIA tidak peduli dengan protokol kesehatan dan ikut berkerumun di keramaian 
   - Masker kebanyakan di sembunyikan di tas atau kantong para persepeda

F. TINDAKAN YANG DILAKUKAN SATPOL PP ADALAH:

1.Menertibkan masyarakat yang tidak memakai masker pada saat sedang berolahraga, dengan cara memberhentikan persepeda dan menyuruh memakai masker

2.Menertibkan dan menegur  warga yang sedang beristirahat di trotoar lapangan merdeka yang mengindahkan pysical distancing 

3.Menghimbau masyarakat yg sedang beraktivitas olahraga dengan tidak membawa anak di bawah umur dan lanjut usia  pada saat berolahraga di tempat kerumunan karena rentan terserang virus Covid-19.

4.Memecah Kerumanan /Mengurai warga yang sedang berolahraga sehingga terjadi kerumunan dengan membagi di 2 tempat yaitu di Kantor Pos Kota medan dan Kantor Mandiri Medan Balai Kota

5.Menekankan kepada warga agar pada saat berolahraga tetap menggunakan masker guna mengurangi penyebaran virus Covid-19

6.Angota Satpol PP menggunakan 10 biji papan informasi yang berisikan tentang pola hidup sehat yang mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid 19 Dengan cara berkeliling di seputaran Lapangan Merdeka.

7.Mengelilingi lapangangan merdeka dengan menggunakan mobil Patroli yang di tempel spanduk berisikan Himbauan Pemerintah kepada  masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan guna memutus rantai    penyebaran covid-19 di wilayah Sumatera Utara, yang tujuannya  agar dapat dilihat oleh warga yang sedang berolahraga dan dapat lebih mematuhi protokol kesehatan saat sedang berolahraga.

8.Membagikan masker bagi warga yang di tegur oleh petugas dimana  warga tersebut tidak memaruhi protokol kesehatan terutama tidak memakai masker.

9.Menegur Pengendara roda 2 dan 4 untuk tetap memakai masker

10.Mengarahkan jalan agar searah menuju ke arah putri hijau bagi pengguna sepeda tidak di perbolehkan memutar atau melintas dari samping kantor pos medan agar mengurangi tumpukan kerumunan massa. Dengan menggunakan trafficunt dan tali sebagai pembatas agar tidak terjadi kerumunan.

11.Membagikan masker kepada para penjualan di sekitar lapangan merdeka yang tidak menggunakan masker dan kepada para  perolahraga yang tidak memakai masker.

Demikian dilaporkan.

Share

© 2020 - Media Center Covid-19 Provinsi Sumatera Utara | Developed By Diskominfo Provsu