Halaman Resmi Pemprov Sumut - Info COVID-19

Gubsu Melakukan Pertemuan Dengan Para Akademisi, Terkait Percepatan Penanganan Covid-19

MEDAN

Dalam rangka percepatan penanganan covid-19, Gubsu Edy Rahmayadi, melakukan pertemuan pada hari ini (20/4) bersama para pakar dari kalangan akademisi Sumatera Utara di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provsu Rumah Dinas Gubsu Jl. Sudirman No. 41 Medan. Turut hadir dalam pertemuan antara lain Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Sumut Prof.Dr.Wan Syaifuddin,MA,PhD, beserta anggota DRD SU lainnya, Wakil Rektor II USU Prof.Dr.dr.Fidel Ganis Siregar,M.Ked(OG),Sp.OG(K), Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Drs.Panusunan Pasaribu,MM, Rektor UISU Dr.Yanhar Jamaludin,M.AP, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat USU Prof.Dr.Ida Yustina,M.Si, Guru Besar Hukum USU Prof.Dr.Hasyim Purba,SH,M.Hum, serta para pakar lainnya.

Gubsu yg didampingi Sekda Provsu Hj.Sabrina, Kepala Balitbang Irman dan Kadis Kesehatan Alwi Mujahit Hasibuan menyampaikan informasi terkait tindakan penanganan covid-19 di Sumatera Utara yaitu penanganan fisik berupa penyiapan sarana dan prasarana serta operasional tenaga medis/kesehatan untuk merawat pasien hingga sembuh, dan penanganan non fisik berupa pemberian bantuan untuk jaring pangaman sosial dan ekonomi masyarakat yang terdampak. 

Pada kesempatan itu, Gubsu meminta masukan terkait langkah-langkah strategis berupa aksi konkret yang harus dilakukan guna percepatan penanganan covid-19. Dari tanggapan dan saran para pakar yg hadir, didapat beberapa masukan antara lain : 
-Aspek kesehatan, melakukan upaya memutus kontak antara orang sehat dan orang yg terduga terpapar covid-19 dgn cara isolasi terfokus atau melokalisir secara terstruktur dgn pengawasan yg tinggi.
-Aspek ekonomi, melakukan langkah-langkah operasional untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat yg terdampak covid-19.
-Aspek sosial, pelaksanaan sosial dan physical distancing agar diawasi dan ditindak dengan tegas.
-Aspek hukum, melakukan langkah hukum/diskresi untuk mengambil kebijakan strategis dan cepat guna menyelamatkan rakyat sesuai regulasi yg ada.

Selanjutnya Gubsu meminta kepada Kepala Balitbang Provsu untuk mengkoordinasikan dan merumuskan masukan-masukanyang ada serta menindaklanjutinya dalam pertemuan terbatas lainnya dan segera melaporkannya guna menghasilkan formula terbaik percepatan penanganan covid-19 di Sumatera Utara.

Share

© 2020 - Media Center Covid-19 Provinsi Sumatera Utara | Developed By Diskominfo Provsu