Halaman Resmi Pemprov Sumut - Info COVID-19

14.568 KK di Nias Barat Terima Bantuan Sembako JPS Pemprov Sumut

Medan (SIB)

Pemprov Sumut telah menyalurkan bantuan sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk 14.568 Kepala Keluarga (KK) terdampak Covid-19 di Nias Barat, Selasa (19/5/2020).

Penyaluran bantuan berlangsung lancar, yang dimulai pukul 10.00 WIB di Kecamatan Moro'o dan disaksikan Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely serta unsur Forkopimda dan di bawah pengawasan aparat TNI/Kepolisian.

Hal itu dikatakan Tim Pendamping Penyaluran Sembako JPS Pemprov Sumut, Rismawati Simanjuntak kepada wartawan melalui telepon, Selasa (19/5/2020), di Medan.

Rismawati, yang juga Kabid Layanan e-government, Dinas Kominfo Sumut ini mengatakan, masing-masing pihak kecamatan menerima bantuan sembako untuk selanjutnya disalurkan kepada penerima terdaftar di desa masing-masing.

Menurut dia, total penerima 14.568 KK itu tersebar di 105 desa di 8 kecamatan di Nias Barat. Penyaluran bantuan sembako di tingkat desa dikoordinir para kepala desa dengan melibatkan Babinkamtibmas dan Babinsa. Adapun total nilai per paket bantuan Rp 225.000 yang terdiri dari beras premium 10 kg, gula 2 kg, minyak 1 liter dan mi instan 20 bungkus, serta susu 1 kaleng.

"Kami bersyukur bahwa penyaluran bantuan sembako JPS dari Pemprov Sumut di Nias Barat berjalan lancar," ujarnya.

Bantuan sembako JPS Pemprov Sumut di Nias Barat, sebut Rismawati, dibelanjakan langsung oleh Pemkab Nias Barat setelah sebelumnya menerima transfer dana Rp 3.277.8000 dari Pemprov Sumut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sesuai arahan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, kata dia, para pelaku UMKM di Nias Barat dilibatkan dalam pengadaan sembako. Tujuannya agar bertumbuh ekonomi lokal.

Ditambahkannya, baik jumlah dan volume bantuan sembako, telah dipastikan sesuai dengan ketentuan karena proses pengepakan disaksikan oleh Pemkab Nias Barat dan aparat TNI/Kepolisian.

Sebelumnya bahan-bahan sembako itu dikumpulkan di Gedung BNKP Persiapan Bukit Sion. Di sana, bahan-bahan sembako yang akan disalurkan, dikemas per paket. "Jadi sebelum dikemas per paket, sudah melalui pemeriksaan," pungkasnya.

Share

© 2020 - Media Center Covid-19 Provinsi Sumatera Utara | Developed By Diskominfo Provsu